Minggu, 19 Mei 2013

Tari Tebus Kipas Semarakkan Dies Natalis Ikawiradharma XV



Alunan lagu khas Melayu mengalun cepat, tiga penari cantik berhijab membawa kipas memasuki panggung yang berukuran sekitar 3 x 2 meter. Tepuk tangan dari seluruh penonton menggema di seluruh sudut. Tari Tebus Kipas dibawakan dengan apik oleh grup tari IKAPEMA Kepri – Malang yang dipunggawai oleh Ria Afifah Rachman, R. Dewi Desma dan Windi Varistin. Ketiganya melenggang memainkan kipas di atas panggung memukau para pengunjung yang mungkin baru pertama kali menyaksikan penampilan tari khas Melayu. Sesekali penonton memberikan tepuk tangan saat penari memberikan gerakan tarian yang menarik. 

Pengalaman pertama IKAPEMA Kepri – Malang menampilkan tari khas Melayu ini adalah dalam rangka memeriahkan acara Dies Natalis XV IKAWIRADHARMA (Ikatan Keluarga Wiralodra Dharma Ayu Malang). Acara yang bertemakan “Budaya Kita Identitas Kita” ini diselenggarakan di sebuah café di wilayah Jalan Soekarno – Hatta, yaitu Aquanos Café. Acara tersebut menampilkan berbagai tarian khas dari berbagai daerah dan menampilkan beberapa grup band dari beberapa organisasi daerah (orda) yang ada di Malang, seperti Cirebon dan Jambi. 

Anggota IKAPEMA Kepri – Malang juga tampak hadir untuk memeriahkan acara kesenian tersebut. Ketua Umum, bendahara, pengurus harian dan beberapa IKAPEMA Kepri – Malang memberikan semangat kepada penari-penari cantik IKAPEMA Kepri – Malang. Rasa grogi dan gugup para penari sebelum tampil, karena ini merupakan pengalaman pertama grup tari ini tampil di Malang. Dukungan dan semangat yang diberikan oleh anggota IKAPEMA yang hadir akhirnya mampu menghilangkan rasa gugup tersebut. Hasilnya, ketiganya mampu memberikan penampilan baik dan menghibur. 

Acara ini dapat menjadi batu loncatan untuk grup tari IKAPEMA Kepri – Malang untuk terus memperkenalkan kesenian tari khas Melayu yang selama ini jarang dikenal oleh masyarakat Indonesia sendiri. Selain itu, acara ini juga dapat menjadi masukan bagi IKAPEMA Kepri – Malang sendiri agar ke depannya dapat mengadakan sebuah acara yang bertemakan budaya. Mengingat saat ini sangat jarang kegiatan-kegiatan bertemakan kebudayaan yang digelar oleh IKAPEMA Kepri – Malang. Atau sekedar menyadarkan agar di tahun-tahun berikutnya diadakan sebuah kegiatan untuk merayakan dies natalis IKAPEMA Kepri – Malang, karena selama ini kegiatan tersebut belum pernah diadakan.


Cuplikan








Tidak ada komentar:

Posting Komentar