Rabu, 15 November 2017

DIKLAT IKAPEMA Kepri-Malang 2017

Foto Bareng Paniti beserta Peserta Diklat IKAPEMA kepri-Malang

   Malang-Sabtu (28/09/2017) IKAPEMA Kepri-Malang kembali melaksanakan program kerja tahunan yaitu “Diklat IKAPEMA Kepri-Malang“ yang dilaksanakan oleh Pengurus Harian IKAPEMA Kepri-Malang sebagai proker dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Anggota dengan Rendi Oktariandi sebagai Biro Kaderisasi sekaligus sebagai Ketua Pelaksana di kegiatan tersebut. Dan juga kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 53 peserta mahasiswa Kepulauan Riau yang notabenenya terdiri dari berbagai Universitas di Malang. Dan betempat di Pedepokan Bi’rul Takziah, Dieng Atas, Kabupaten Malang.

     Kegiatan tersebut berlangsung dari hari sabtu pukul 07.00 WIB dan berkumpul terlebih dahulu di Asrama Putra Kepulauan Riau Perumahan Bukit Hijau Blok F No.188, Kecamatan Lowokwaru, Kabupaten Malang Kota. Sebelum keberangkatan ke TKP, terdapat pengerahan dan perkenalan yang diberikan oleh Panitia Diklat angkatan 2016.

   Setelah sampai di TKP, para peserta langsung diarahkan ke aula pedepokan untuk langsung melanjutkan kegiatan Diklat.
Materi-materi yang disampaikan pada hari sabtu berupa keikapemaan seperti mengenal apa itu Ikapema? Apa itu pengurus Harian (PH)? dan apa sajakah program kerja PH tersebut? Selain itu, panitia juga memberikan materi mengenai sejarah Kepri dengan pemateri Ketua Umum IKAPEMA Kepri-Malang sendiri yaitu M. Dzaki Nur Wahid, untuk menambah wawasan para peserta diklat mengenai Kepri itu sendiri.

    Acara tersebut tidak berhenti pada hari sabtu itu saja. Kegiatan berlanjut hingga hari minggu di Pedepokan Bi'rul Takziyah. Di sana para peserta juga diberikan materi mengenai teknik persidangan dan juga peserta diberikan kesempatan untuk simulasi sidang (mempraktekan bagaimana memimpin sidang).
Panitia pelaksana Diklat IKAPEMA Kepri-Malang angkatan 2016 juga memberikan kesempatan kepada peserta diklat untuk menampilkan bakat-bakat yang mereka miliki di agenda malam gelar talenta. Acara tersebut berlangsung dengan meriah, karena peserta diklat menampilkan bakat-bakatnya secara maximal. Salut deh dengan peserta diklat tahun 2016!.
  
    Malamnya peserta diklat kembali diberikan materi lagi mengenai “management conflict”, dimana acara tersebut berlangsung dan berakhir dengan ketegangan, namun tidak mengurangi keseruan acara malam itu. Paginya sekitar pukul 00.30 peserta kembali disibukkan dengan acara selanjutnya yakni “wisata malam”, dimana peserta akan dibagi kelompok untuk mendatangi setiap pos-pos (terdiri dari 5 pos) yang telah disediakan oleh panitia pelaksana diklat guna menjawab setiap pertanyaan sesuai dengan tema masing-masing pos tersebut. 
Seru bukan? Dan berlanjut dengan makrab. Ternyata tidak selesai disitu aja, pagi harinya  peserta diklat diajak senam rame-rame bareng panitia pelaksana diklat juga. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan yang kalah seru dengan kegiatan-kegiatan sebelumnya yaitu “Games”. Panitia menyediakan berbagai games untuk melatih peserta diklat bagaimana berpikir kreatif, membangun kerjasama yang baik, percaya pada pemimpin (pengarah), kerja keras dll. 
Acara diklat IKAPEMA Kepri-Malang tersebut bukan sekedar acara yang hanya mengandung unsur hiburan semata namun juga unsur pendidikan keorganisasian yang akan berguna bagi para pesertanya.

     Terima kasih buat para peserta dan panitia diklat angkatan 2016, karena acara diklat IKAPEMA Kepri-Malang berjalan dengan lancar berkat kerja sama yang baik antara panitia dan peserta diklat 2017.










#IKAPEMAKepri-Malang
#menjalinvisimembangunnegeri
#DiklatIKAPEMAKepri-Malangsatuarahsatutujuan

1 komentar: