Sabtu, 01 Desember 2018

FENUS 2K18

Festival Nusantara Universitas Negeri Malang

Malang-Rabu (24/10/18), Festival Nusantara (FENUS) adalah acara tahunan yang diadakan oleh BEM Universitas Negeri Malang. Acara yang berlangsung selama dua hari berturut-turut yaitu pada tanggal 24-25 Oktober 2018 bertempat di Graha Rektorat UM. Festival Nusantara (FENUS) merupakan suatu kegiatan yang menampilkan serta memperkenalkan kebudayaan kita kepada civitas UM.

Tahun ini ada 18 Organisasi Daerah yang ikut dalam acara ini termasuk Ikapema Kepri-Malang, ada Forum Mahasiswa Jabodetabek (FORMAJA), Forum Mahasiswa Blitar UM (FORMABLIUM), Putra-Putri Kartini Jepara (PAPIKAMA), Ikatan Mahasiswa Trenggalek UM (MAGNUM), Himpunan Mahasiswa Sidoarjo (HIMASIDA), Himpunan Mahasiswa Kayong Utara (HIMAKARTA), Komunitas Mahasiswa Bima (KOMABI), Forum Silaturahmi Alumni Pelajar Prbolingo (FOSILAP), Ikatan Bocah Kediri (IKABRI), Forum Komunikasi Mahasiswa Jember Malang (FKMJM), Himpunan Arek Lumajang (HALMA), Ikatan Keluarga Banyuwangi (IKAWANGI), Ikatan Mahasiswa Tulungagung UM (IMAGUM), Sikam Gabungna Warek Lampung (SIGER), Ikatan Pelajar Pemuda Mahasiswa Bundo Kanduang Sumatera Barat (IPPM), Forum Komunikasi Mahasiswa Sumenep UM (FKMS), dan Ikatan Mahasiswa Gresik UM (IMAGRES).

Tema yang diambil tahun ini adalah Harmoni Daerah Nuansa Budaya. Pada hari pertama, diadakan perlombaan Putra-Putri Budaya berupa fashion show dan dilanjutkan oleh Parade Nusantara. Pada hari kedua, perlombaan yang diadakan ada Aransemen Lagu Daerah dan Lomba Tari, tidak lupa pula Stan Bazar yang didirikan sejak hari pertama. Kepulauan Riau menampilkan berbagai kebudayaan khasnya, dengan membawa tema pernikahan, mulai dari lomba Putra-Putri Budaya dengan menggunakan baju pernikahan, lalu Parade Nusantara dengan iring-iringan pernikahan. Lensa Nusantara beserta Video yang dibuat juga menggunakan tema pernikahan, dimana video nya berisi tentang penjelasan adat pernikahan Melayu. Tarian yang dibawa adalah tarian akulah laut dan risalah cinta. Puncak acara yang diadakan pada hari kedua menambah antusiasme peserta lomba dan penontonnya. Pada malam puncak acara ini, diumumkan para pemenang perlombaan. Alhamdulillah Ikapema Kepri-Malang mampu meraih Juara I Lensa Nusantara (fotografi) dan Juara II Umum. Dengan mengikuti acara ini Ikapema Kepri-Malang dapat terus menjalin pertemanan dengan orda lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar